Minggu, 20 Mei 2012

Yogurt

Yogurt adalah susu fermentasi bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu sapi, susu kedelai, tetapi produksi modern saat ini didominasi oleh susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yogurt. Yogurt sering dijual apa adanya, terdapat macam rasa seperti rasa jeruk, strawberry, coklat, blueberry.


Kelebihan Yogurt daripada Susu Biasa
Bila dinilai dari kandungan gizinya, yogurt tidaklan kalah dengan susu pada umumnya. Hal ini karena bahan dasar yogurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yogurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :


  1. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi  yoghurt.
  2. Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus.Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.
Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari.
  2. Tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.

Tips Memilih Yogurt
Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Pilihlah yoghurt yang kental.
  2. Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudah disterilkan lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
  3. Dicermati labelnya yang plain yoghurt atau yang drink yoghurt disesuaikan dengan kebutuhan kita.
  4. Dicermati tanggal kadaluarsanya.
Cara Pembuatan Yogurt
  1. Memanaskan susu sapi mentah sambil diaduk terus sampai suhunya mencapai 40 derajat Celcius.
  2. Tambahkan gula secukupnya ke dalamnya sambil diaduk sampai suhunya mencapai 75 derajat Celcius, jika Anda tidak mempunyai termometer dapat dikira-kira sebelum susu tersebut mendidih hingga menimbulkan busa yang banyak.
  3. Dinginkan susu tersebut, letakkan pada tempat tertutup rapat, setelah dingin berilah starter 65 ml dengan cara menuangkan starter pada susu dengan diberi api pada tempat susu yang akan dituangkan starter agar bakteri yang lain tidak masuk sehingga yogurt tidak terkontaminasi. Tutuplah rapat-rapat selama 8 jam.
  4. Setelah 8 jam yogurt siap diminum, bila tidak ingin meminum langsung dapat disimpan di dalam kulkas.

Tips untuk Membuat Yogurt dari Susu Kedelai 
Langkahnya sama seperti pembuatan yogurt dengan susu sapi, tetapi pada susu kedelai menggunakan gula yang lebih banyak daripada susu sapi.

Tips Membuat Susu Kedelai
  1. Rendamlah kedelai selama sehari, kemudian letakkan di kulkas.
  2. Berilah air secukupnya pada kedelai kemudian letakkan pada blender, 
  3. Saringlah ampas dari kedelai tersebut.
  4. Hasil saringan tersebut adalah susu kedelai yang masih mentah
  5. Hangatkan dan beri gula susu kedelai mentah tersebut, kemudian siap disajikan :)
Berikut ini adalah foto kami dalam pembuatan yogurt susu kedelai


3 komentar:

  1. jadi selain enak juga banyak sekali manfaatnya
    mungkin artikelnya bisa ditambah bagaimana cara membuat yogurt secara sederhana seperti yang telah anda lakukan, hehehe
    selain sehat, murah juga enak, hmm...
    jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar juga apa yang dikatakan oleh linda, dalam artikelnya bisa ditambahkan bagaimana cara membuat yogurt, agar kita bisa membuat sendiri di rumah..:)
      kalau kita membuat yogurt tidak dari susu sapi, misalnya dari susu kambing, susu kedelai, apakah khasiat yogurt tetap sama seperti yang sudah dijelaskan.?:)

      Hapus
    2. linda: iyah nanti akan saya tambahkan cara pembuatannya, terima kasih atas sarannya :)

      selva : terima kasih atas sarannya, :)
      khasiatnya tetap sama, tetapi pada cara pembuatannya sedikit berbeda, misalkan pada susu kedelai memerlukan gula yang lebih banyak daripada susu sapi sehingga bisa menjadi yogurt yang diinginkan.

      Hapus